Friday, July 12, 2013

Waktu Adalah Mata Uang

"Hadiah terindah yang dapat kamu berikan pada seseorang adalah waktumu. Karena, ketika kamu memberikan waktumu, itu bearti kamu memberikan sebagian dari hidupmu yang tidak bisa kamu ambil kembali"



Kita sering mendengar ada pepatah yang mengatakan "waktu adalah uang". Ya, itu tepat sekali, waktu adalah sebuah hadiah yang kita dapat dari Tuhan dan tentu itu tidak akan terulang kembali. Tidak mungkin akan terjadi suatu hari ketika kamu tidur dan bangun keesokan harinya kamu kembali muda dan bisa melakukan kembali hal-hal yang telah kamu lewati. Sayangnya banyak dari kita yang sering menyia-nyiakan waktu yang telah kita dapat dari Tuhan, hadiah yang begitu luar biasa dan tidak akan ditukar dengan apapun di dunia ini. Banyak dari kita yang sering acuh tak acuh dengan hal yang bernama "waktu" dan tidak bisa dipungkiri salah satunya adalah saya, ya kita sering berpkir bahwa masih ada hari esok, maka dari itu rasa malas akhirnya mengalahkan kita dan kita akhirnya menunda hal yang bisa kita perbuat saat ini juga. Ingat, waktu tidak akan pernah berhenti, dia akan terus berjalan dan berjalan, dia tidak pernah akan merasa kelelahan dan istirahat. Maka dari itu, semakin sering kita berhenti dan "beristirahat" maka waktu akan semakin jauh meninggalkan kita dan inilah yang saya rasakan saat ini. Saya merasa telah tertinggal sangat jauh dengan putaran waktu yang terus berjalan. Maka dari itu, bagi kalian yang masih belum merasa tertinggal oleh waktu, jangan pernah berhenti dan terus bergerak mengikuti putaran waktu, manfaatkanlah waktu berharga kalian atau bagi kalian yang masih bisa mengejar waktu, mulai lah mengejar dari sekarang, tidak cukup hanya dengan berjalan, larilah dan kejarlah waktu yang telah kalian sia-siakan karena inilah yang saat ini saya lakukan setelah sadar bahwa saya telah tertinggal sangat jauh. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dan itu tepat sekali, akan tetapi ada banyak misteri di dunia ini yang tidak bisa dijawab oleh manusia dan salah satunya adalah yang berhubungan dengan waktu. Terkadang kita terbius dan merasa bahwa umur kita masih panjang sehingga kita sering bersantai-santai, padahal di sisi lain sang waktu telah berteriak bahwa waktu kita tinggal sedikit dan saatnya kita untuk memasuki fase perjalanan waktu berikutnya, ya seperti SD, SMP, SMA, Kuliah, Bekerja, menikah dan akhirnya meninggal, siapa diatara kita yang ingin kembali duduk di bangku sekolah dasar ketika umur kita memasuki kepala 2? Saya harap kalian paham dengan contoh sederhana yang saya berikan ini, dan apakah ada diantara kalian yang sedang membaca tulisan ini tahu kapan kalian akan meninggal? Tidak ada, hanya Tuhan dan keajaiban waktu yang bisa menjawab hal tersebut. Siapa yang bisa tahu ketika suatu malam kita memajamkan mata, lalu tiba-tiba kita tidak pernah lagi bisa membukanya karena waktu kita di dunia telah habis? Waktu adalah hadiah terindah yang diberikan Tuhan pada kita semua, akan tetapi hanya beberapa orang yang bisa memanfaatkan waktu mereka dengan baik, yang lain seakan-akan lupa atau berpura-pura lupa bahwa kita hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk melakukan apa yang kita inginkan di dunia ini.


Tulisan ini saya dapat ketika saya menonton (ya...lagi-lagi saya belajar dari sebuah film) yang berjudul "in time" dari film ini saya belajar hal yang sangat luar biasa tentang waktu dan tentu saja begitu singkatnya hidup kita di dunia ini karena keterbatasan waktu yang kita milikki. Pada film tersebut mereka tidak mengenal pepatah "waktu adalah uang" akan tetapi mereka mengenal pepatah "waktu adalah mata uang". Disana waktu telah menjadi salah satu alat pembayaran yang sah dan semua orang yang hidup harus bisa memanfaatkan "waktu" mereka dengan baik. Mereka hidup (disini maksud saya adalah benar-benar hidup karena ketika waktu mereka menunjukkan angaka "0" maka mereka akan meninggal seketika) dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti membayar tagihan dan membeli makanan dengan waktu mereka.Bisa dibayangkan apabila kita semua dengan sifat sepeti ini hidup di dunia sepeti itu? Kemungkinan besar kita semua akan memenuhi pemakaman keesokan harinya. Di film ini waktu begitu berharga dan semua orang siap bertarung habis-habisan hanya demi waktu 2 jam, 1 jam, atau bahkan hanya 30 menit,jenis-jenis waktu yang untuk kita sangatlah singkat dan bisa dilewati begitu saja. Namun, terlihat begitu mewah di film ini.

Mulailah untuk belajar menghargai waktu yang begitu berharga mulai dari sekarang dan jangan pernah lagi berpikir untuk membuangnya secara cuma-cuma. Selalu ingat bahwa waktu yang ada dalam hidup kita hanyalah hadiah, sebuah hadiah yang hanya 1x diberikan dan tidak bisa kita ketahui kapan "hadiah" tersebut akan habis. So, enjoy your time before it runs out.


"Jika waktumu sebanyak waktuku pada 'jam itu', apa yang akan engkau perbuat?"
-Henry Hamilton, In time-



Dart_leonhart

No comments:

Post a Comment